Panitia dan Pengurus DPD Apersi Sulsel saat bertemu dengan Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi sekaligus mengundang ke acara Apersi.

MAKASSAR,THENEWSULSEL.COM- Puncak acara Apersi Ramadhan Berbagi 1442 Hijriah akan diisisi dengan buka puasa bersama di Hotel Claro, Makassar, Senin,3 Mei 2021. Di Acara ini, akan diadakan dua acara inti yaitu Focus Discussion Group yang membahas soal pungutan liar dan pembagian 10 rumah gratis secara simbolis.

Ketua Panitia Apersi Ramadhan Bergai 1442 Hijriah, Rohandi, mengatakan, Sekretaris Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Irjen Pol Dr Agung Makbul SH,MH, akan hadir sebagai narasumber di acara FGD.

Agung Makbul akan menjadi narasumber sekaligus bersilaturahmi dan ramah tamah dengan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Aprsi) Sulawesi Selatan.

Satgas Saber Pungli adalah unit pemberantasan pungutan liar yang dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2016 Tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.

Pungli merupakan tatanan yang sudah merusak sendi kehidupan, berbangsa dan bernegara. Oleh oleh karna itu Pemerintah terbitkan PerPres 87 Tahun 2016 tentang pembentukan satgas Saber Pungli kata Seketaris Saber Pungli.

Satgas ini akan memberantas pungli di segala sektor sebab akan menimbulkan ekonomi biaya tinggi,  berdampak sosial dan budaya yang negatif.

Kegiatan ini merupakan program rutin DPD Apersi Sulsel yang selalu mengelar kegiatan sosial di bulan suci Ramadhan. Untuk tahun 2021 atau 1442 Hijriyah nilai bantuan yang terkumpul hingga mencapai Rp 2,5 miliar lebih berupa 10 unit rumah gratis dan 5.000-an. Semua bantuan tersebut berasal dari para anggota Apersi yang  tersebar  di seluruh wilayah Sulsel. 

Rumah yang akan diserahkan adalah rumah type 36 dengan harga yang sama dengan harga rumah subsidi yang banyak dibangun oleh para anggota Apersi. Harga rumah tersebut sesuai ketentuan pemerintah untuk wilayah Sulsel yaitu sebesar Rp 156.500.000 per unit. Sedangkan nilai paket, bervariasi mulai harga Rp 200 ribuan.

Rohandi menjelaskan, rangkaian acara yang telah dilakukan adalah Grebek Sahur Panti Asuhan, buka puasa bersama dan pembagian paket Ramdadhan yang dilakukan di beberapa daerah seperti Pinrang, Sidrap, Maros, dan Gowa.

 “Puncaknya, akan dilakukan di  Makassar di Hotel Claro 3 Mei ini,” kata  Rohandi, yang juga pemilik PT Wirahadi Jayadi ini.

Baca: Haji Darwis Dg Nai, Penyumbang 5 Rumah Gratis di Apersi Ramadhan Berbagi 1442 H

Baca: Apersi Ramadhan Berbagi 2021: Sudah Terkumpul 9 Rumah Gratis dan 5.000 Paket Ramadhan

Baca: Apersi Ramadhan Berbagi: Dulu Penambal Ban, Kini Sumbang Rumah untuk Kaum Dhuafa

Rohandi mengatakan, 10 rumah akan dibagikan itu merupakan sumbangan dari owner PT Hidayat Anugrah Pratama (HAP) H Darwis Dg Nai sebanyak 6 unit, 2 unit dari Muhammad Bahri owner PT Cahaya Ilahi  Barokah, satu unit dari Andi Asbullah Akib, owner PT Aqsha Graha Property, serta satu dari owner PT Raihan Cipta Pratama, Irwan Hasan. (*)


Baca juga