Branch Manager Makassar, Bank BTN Syariah, Adang Permansyah (kiri) menyerahkan penghargaan kepada Haji Darwis Dg Nai untuk kategori Realisasi Terbanyak Pembiayaan KPR Subsidi di bank tersebut tahun 2020.


MAKASSAR,THENEWSULSEL.COM - Gelaran Apersi Ramadhan Berbagi 1442 Hijriyah terasa sangat istimewa. Betapa tidak,  ajang berbagi para pengusaha properti yang tergabung dalam Asosiasi  Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Sulawesi Selatan akan menyumbangkan sembilan rumah secara gratis.

Rumah tersebut berasal dari para anggota Apersi Sulsel yang tersebar dari berbagai daerah ini. Salah satu penyumbang rumah adalah Haji Darwis Dg Nai. Tak tanggung-tanggung, owner PT Hidayat Anugrah Pratama  (HAP) ini menyumbang 5 unit rumah khusus untuk tahun ini saja.

Selain rumah, juga menyerahkan uang tunai Rp 20 juta kepada Panitia Apersi Ramadhan Berbagi 1442 H.

Lalu siapakah Haji Darwis? Pria kelahiran Gowa, 8 Agustus 1967 ini mengawali karier sebagai pengusaha properti dari profesi sebagai tukang batu. Dengan pengalaman dasar itu, Haji Darwis sangat menguasai seluk beluk bangunan properti proyeknya.

Haji Darwis memang tampak berbeda dengan pengembang lain. Dia paham secara teknis setiap detail bangunan yang menjadi dasar bisnis ini. Jika ada masalah di lapangan, dia turun langsung menangani layaknya buruh bangunan lainnya. Tak heran, saat dia memulai sebagai pengusaha properti, kariernya langsung melejit.  

Hingga saat ini, di bawah bendera Hidayat Group, Haji Darwis  mengelola 14 titik atau lokasi perumahan di beberapa daerah di Sulsel. Padahal dia memulai usaha ini baru pada tahun 2012 lalu. Jumlah rumah yang telah dibangunnya sudah lebih dari 5.000 unit.

Haji Darwis Dg Nai mendampingi salah seorang putranya saat wisuda sarjana.

Lokasi ini dikelola oleh tiga perusahannya yakni  PT Hidayat Anugerah Pratama, PT Japa Putra Properti, dan PT Mandiri Pratama.

Untuk prestasinya itu, sejumlah penghargaan berskala nasional telah diraihnya. Haji Darwis yang bermitra dengan Bank BTN Syariah ini, selalu mendapat award dan reward setiap tahunnya sejak 2015 lalu.

Bahkan Tahun 2018, dia mendapat rewards dari Bank BTN Syariah untuk melakukan perjalanan wisata ke Jepang bersama istri karena menjadi mitra dengan KPR terbanyak ketiga secara nasional. Urutan pertama dan kedua, para pengembang yang berdomisil di Jabodetabek.

Dia juga selalu mendapatkan penghargaan tingkat nasional dari Dewan Pengurus Pusat (DPP)  Apersi dengan berbagai kategori khususnya untuk rumah bersubsidi. Tahun 2020 lalu misalnya, Hidayat Anugrah Pratama diganjar penghargaan Apersi untuk kategori Akad KPR Syariah Terbaik Nasional.

Sedangkan dari Bank  BTN Syariah di tahun 2020, lagi-lagi Haji Darwis mendapatkan penghargaan nasional untuk kategori Realisasi Terbanyak Pembiayaan KPR Subsidi di bank tersebut. Prestasi ini sangat luar biasa, sebab mampu menggeser dominasi pengembang di Jawa justru di saat bisnis properti lagi porak-poranda dilanda dampak pandemi Covid-19.


Baca juga