H Irwan Hasan SE, Owner PT Raihan Cipta Pratama

MAKASSAR,THENEWSULSEL.COM – Salah satu misteri di dunia ini adalah nasib seseorang. Tidak ada  seorangpun yang bisa tahu seperti apa perjalanan nasibnya kelak. Seperti apa yang dialami oleh pengusaha properti, Haji Irwan Hasan.

Siapa sangka, pemilik tujuh lokasi perumahan yang tersebar di Makassar, Gowa, dan Takalar ini, dulunya adalah seorang penambal ban di pinggiran jalan. Owner PT Raihan Cipta Pratama ini melakoni pekerjaan itu cukup lama. 

Bungsu dari 14 bersaudari dari seorang ayah yang sehari-harinya berjualan ikan, memulai sebagai penambal ban sejak kelas tiga SMP hingga kuliah di semester -semester awal atau rentang waktu 1990-1996 di depan rumahnya di Jl Andi Tonro, Makassar. 

Tekad baja ingin maju membuat pria kelahiran Makassar, 10 Agustus 1974 ini, berjuang untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

Dari hasil menambal ban itulah dia membiayai kuliahnya. Tapi, tekadnya untuk segera menjadi sarjana tertunda tatkala dia memasuki semester lima. Saat itu, ada program magang kerja industri ke Jepang. Dia lalu mendaftar dan lolos seleksi. 

Dia pun dikirim ke Jepang dan magang selama 3 tahun di perusahaan mesin tempel merek Yamaha di Provinsi Shaizuoka.

Momen itulah yang  sedikit “mengangkat kelasnya”. Sebab, setelah pulang dari Jepang dan membawa sedikit modal “Yen”, Irwan membuka usaha jual beli velg bekas dan ban bekas di bilangan Jl AP Pettarani. Dia melakoni pekerjaan itu sekira 3 tahun.   

Usaha itu cukup lumayan. Sayangnya, “musibah” datang ketika lokasi tanah kosong tempatnya berjualan yaitu di depan Gedung Hamrawati, dibeli seorang pengusaha besar di Makassar.  Dia pun harus menyingkir dan membawa barang jualannya itu kembali ke Jl Andi Tonto, tempatnya dulu menambal ban.


Baca juga