Luis Enrique

THENEWSULSEL.COM, SPANYOL - Federasi Sepakbola Spanyol memutuskan untuk memecat pelatih timnas Spanyol Luis Enrique.

Pertimbangannya, mantan pemain dan pelatih FC Barcelona tersebut gagal membawa timnas Spanyol bersaing di Piala Dunia Qatar 2022.

Tim Matador Spanyol tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah kalah adu penalti 0-3 dari Maroko pada laga yang digelar di Stadion Education City, Al Rayyan, Selasa (6/12/2022).

Padahal, Spanyol masuk favorit juara bersama Prancis, Argentina, dan Brasil karena dihuni pemain-pemain bintang.

Pada adu penalti, Spanyol gagal total. Dari tiga penendang awal timnas Spanyol, semuanya gagal mencetak gol. Karena skor sudah 3-0 untuk Maroko, maka dua penendang Spanyol tidak lagi maju menjalankan tugasnya. 

Melawan Maroko, timnas Spanyol sebenarnya mampu mendominasi permainan dari waktu normal 90 menit hingga perpanjangan waktu 2x15 menit. 

Namun, dominasi Sergio Busquets dan kawan-kawan tidak mampu membuahkan gol. Pemain-pemain depan Spanyol kesulitan menghadapi solidnya pertahanan lawan.

Jika Spanyol tersingkir, sebaliknya Maroko terus mengukir sejarah di Qatar. Timnas Maroko kini lolos ke semifinal setelah menyingkirkan Portugal di perempat final, Sabtu (10/12/2022) malam WIB. 

Kegagalan Tim Matador melangkah jauh di Qatar membuat Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) memutuskan mengakhiri kerja sama dengan sang pelatih, Luis Enrique.

"RFEF berterima kasih kepada Luis Enrique dan seluruh stafnya yang memimpin tim nasional dalam beberapa tahun terakhir," tulis keterangan resmi RFEF.


Baca juga