Suasana pelatihan Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Pokja PKP) yang diadakan oleh Yayasan Lembaga Mitra Ibu dan Anak (LemINA).

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR - Relawan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) menghadiri undangan pelatihan Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Pokja PKP) yang diadakan oleh Yayasan Lembaga Mitra Ibu dan Anak (LemINA) yang bekerja sama dengan United Nations International Children's Emergency Fund (UNICEF) pada 18-21 Juli 2022.

Pelatihan Pokja PKP yang membahas mengenai Air Minum Penyehatan Lingkungan (AMPL) ini berlangsung secara daring di ruang Zoom Meeting dan secara luring di Hotel Horison Ultima, Jl Jenderal Sudirman, Makassar.

"Kegiatan onlinenya tanggal 13-14 Juli 2022. Jadi onlinenya itu ada 2 bacth. Kami di batch kedua. Bersama dengan kabupaten-kabupaten yang pernah kena bencana. Seperti Luwu, Luwu Utara, Jeneponto, dan Gowa," kata Erni Yusnita selaku utusan dari BSMI Sulsel.

Erni menyebutkan bahwa terdapat perwakilan tiap dinas terkait serta 3 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang hadir pada saat batch kedua tersebut.

"Jadi ada 3 NGO, masing-masing NGO mengirimkan dua relawan. Lalu Lembaga dan organisasi lain yang diundang itu ada dinas terkait. Ada Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, serta BNPB," terang relawan yang aktif di program trauma healing ini.

"Terus ada juga Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim), Bapak Dr. M. Iqbal Suhaeb," tambahnya.

Erni menginformasikan bahwa pemateri yang mengisi pelatihan berasal dari Lembaga RedR, UNICEF dan dari Yayasan LemINA sendiri.

"Memang selama ini ketika terjadi bencana, kami ikut dalam program penyediaan air bersih, pembuatan toilet umum, pembagian hygien kit, sosialisasi dengan pengungsi dan lainnya yang berhubungan dengan Water Sanitasion Higiene (WaSH)," tutupnya. 

Tentang BSMI Sulsel

Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) adalah sebuah organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan. 

Organisasi ini diresmikan pada tanggal 8 Juni 2002 oleh Ketua MUI KH Amidan di Gedung Pertemuan Kompleks Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta. 


Baca juga