Ilustrasi: Sakit saat Asam Lambung Naik

THENEWSULSEL.COM- Penyakit Asam Lambung atau Gerd (gastroesophageal reflux disease) merupakan penyakit yang dapat menyerang setiap orang.

Dewasa hingga anak kecil juga bisa terkena penyakit asam lambung yang bisa muncul sehari 2 kali.

Penyakit ini pada umumnya bisa sembuh dengan catatan menjaga pola hidup dan makanan yang tidak memicu naiknya asam lambung.

Begitu pula untuk tahapan pengobatannya penyakit gerd bisa diatasi secara bertahap dengan mengubah gaya hidup serta pola makan.

Pada beberapa kasus penderita gerd yang sudah parah, pasien membutuhkan resep obat tambahan agar asam lambung tidak melukai esofagus.

Tidak hanya itu, banyak herbal yang bisa meredakan gejala gerd.

Berikut Cara Asam Lambung / Gerd Sembuh Total

- Menjaga berat badan tetap ideal

- Setop merokok Mengangkat kepala saat tidur

- Tidak menggunakan pakaian ketat, ikat pinggang, atau aksesori yang menekan bagian perut

- Mengonsumsi makanan bergizi seimbang

- Tidak berbaring atau tidur dalam waktu kurang dari tiga jam setelah makan

- Mengidentifikasi dan menghindari makanan pemicu asam lambung kambuh

- Mengurangi atau menghindari alkohol

- Makan dengan porsi kecil dan lebih sering ketimbang biasanya

Posisi Tidur Cegah Gerd Kambuh saat Istirahat Malam Hari

1. Posisi Miring ke kiri

Berdasarkan penelitian menunjukkan, penderita asam lambung yang tidur dengan posisi miring ke kiri penyakitnya lebih jarang kambuh, ketimbang tidur dengan posisi miring ke kanan atau menghadap ke atas.

Alasannya karena dengan posisi tidur miring ke kiri akan membuat asam lambung tetap berada di bawah atau di dalam lambung tidak naik saluran pernapasan atau kerongkongan.

Posisi ini memanfaatkan pengaruh gravitasi bumi juga bisa mempercepat dalam mengembalikan asam lambung yang naik kembali ke perut.

2. Posisi Tubuh Bagian atas Lebih Tinggi

Masih memanfaatkan pengaruh gravitasi upayakan tidur dengan posisi tubuh bagian atas lebih tinggi.

Minimal posisi kepala hingga dada lebih tinggi dari perut atau lambung.

Tidak harus dalam posisi duduk tapi cukup dengan menggunakan penopang atau bantal yang lebih tinggi sudah bisa mencegah kambuhnya asam lambung naik.

Selain mengatur posisi tidur yang pas, penderita asam lambung juga disarankan tidak makan setidaknya tiga jam sebelum tidur.

Obat alami sembuhkan gerd

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk gangguan seputar lambung.

Kandungan pada jeruk nipis dapat menetralkan asam lambung dengan cepat sebab menjadi alkali yang berkhasiat menetralkan asam lambung.

Tidak hanya itu saja, masih banyak lagi manfaat jeruk nipis untuk gangguan lambung. Jangan ragu untuk mengkonsumsi jeruk nipis ketika terjadi asam lambung atau seputar gangguan lambung.

Cara minumnya juga mudah bisa dikonsumse sesuai selera, dibuat minuman hangat dicampur ke teh atau diperas dicampur madu akan sangat bagus.

2. Buah Pisang

Pisang mengandung antasida lami yang berfungsi sebagai penyangga terhadap refluks asam.

Memakan buah pisah akan dapat meredakan asam lambung dengan segera.

Untuk menghindari asam lambung hindari sejumlah faktor penyebab asam lambung naik.

Setelah pengobatan dilakukan sebaiknya tinggalkan kebiasaan yang dapat memicu kembalinya asam lambung.

3. Jahe

Pada penelitian yang dipublikasikan di NCBI, jahe mampu mengurangi gejala GERD. Jahe juga dinilai aman untuk dikonsumsi. Penelitian menunjukkan bahwa jahe menimbulkan efek samping jika dikonsumsi lebih dari 5 gram per hari.

Namun, dokter tidak menyarankan obat ini dikonsumsi oleh orang dengan gangguan darah. Hal ini disebabkan karena jahe memiliki efek mengencerkan darah.

Orang yang hendak melakukan operasi, baik operasi kecil, maupun operasi besar direkomendasikan untuk berhenti mengonsumsi jahe.

4. Licorice

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi licorice mampu menurunkan gejala GERD dan menurunkan asam lambung.

Namun, pengguna herbal satu ini harus berhati-hati. Salah satu efek samping dari licorice adalah menaikkan tekanan darah.

5. Teh chamomile

Teh chamomile memiliki aroma dan rasa yang menenangkan. Teh ini dikenal mampu mengurangi kecemasan dan membantu orang yang mengalami susah tidur dan depresi.

Salah satu pemicu GERD adalah stres atau cemas. Menenangkan diri dengan meminum teh chamomile menunjukkan teh ini mampu menurunkan asam lambung.

Selain itu, sebuah studi juga menyebutkan bahwa ekstrak chamomile bisa menurunkan asam lambung sama dengan efek yang ditimbulkan antasid.

Namun, studi ini baru memeriksanya di laboratorium, sehingga membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiatnya pada manusia.(*)


Baca juga