Andhika Sudarman

THENEWSULSEL.COM – Menuntut ilmu setinggi-tingginya merupakan salah satu impian bagi banyak orang. Akan tetapi, biaya pendidikan yang tidak murah, terkadang menjadi hambatan bagi sebagian orang, sehingga membuat mereka merasa harapannya sudah pupus.

Hal inilah yang sempat dirasakan pemuda Indonesia bernama Andhika Sudarman saat hendak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Andhika, sapaan akrabnya, hampir tidak bisa kuliah karena tersandung masalah biaya.

Namun, dukungan dan jasa sang kakak yang rela tidak kuliah agar Andhika bisa melanjutkan pendidikan, membuat pemuda itu tak putus harapan. Untuk membalas jasa dan dukungan sang kakak yang tiada henti, Andhika berusaha memberikan yang terbaik dan membuktikan semangatnya dalam menuntut ilmu.

Andhika pun berhasil lulus menjadi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia melalui jalur tes tertulis pada 2011 silam. Selain itu, dia juga berhasil menyandang predikat Mahasiswa Berprestasi Nasional pada 2014.

Tidak berhenti di situ, Andhika bahkan berhasil melanjutkan pendidikan di Harvard Law School yang terletak di Cambridge, Amerika Serikat, salah satu sekolah hukum terbaik di dunia serta almameter mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Andhika lulus dari Harvard Law School dan menjadi mahasiswa terbaik di tahun 2020, serta menjadi orang Indonesia dan Asia Tenggara pertama dalam sejarah yang memberikan pidato kelulusan di Harvard Law School.(*)


Baca juga