Perbedaan LED dan HID

THENEWSULSEL.COM- Ada beberapa jenis lampu yang kerap digunakan untuk mobil. Yang paling sering kita dengar tentu adalah lampu light emitting diode (LED) dan lampu high intensity discharge (HID).

Baik lampu LED dan juga lampu HID sama-sama memiliki daya rendah dan juga tahan lama serta tidak mudah panas. Tapi perlu diketahui bahwa keduanya juga punya perbedaan.

Apa saja perbedaan lampu LED dan juga lampu HID? Mari simak paparan berikut, melansir dari laman resmi Auto2000:

Lampu LED

Lampu LED sering ditemukan pada mobil-mobil baru. Ciri khasnya adalah warna lampu yang bersinar putih dan berkas cahaya yang menyerupai bentuk kotak.

Cahaya lampu LED dihasilkan dari chip elektronik semi konduktor yang dilengkapi hambatan. Sumber utamanya adalah dioda yang tidak mengeluarkan panas.

Kelebihan dari penggunaan lampu LED mobil terletak pada daya tahannya. Lampu yang satu ini terbilang awet dan tidak mudah putus.

Selain itu, lampu LED juga tidak menghasilkan panas sehingga relatif lebih ramah lingkungan. Dengan adanya kelebihan ini, maka aki mobil jadi tidak terlalu boros.

Namun tentu saja dengan semua keunggulan yang ada, harga lampu LED mobil terbilang lebih mahal dari yang lainnya.

Lampu HID

Lampu HID terbuat dari material gas dan logam. Cahaya dari lampu HID berasal dari sebuah busur listrik yang terbentuk dari dua elektroda di dalam sebuah plasma (atau terkadang tabung gas terionisasi).

Ciri khas dari lampu HID adalah cahaya putih terang yang menyilaukan. Banyak yang menyebut lampu ini sebagai lampu matahari karena sinarnya yang sangat terang.

Pada mobil, lampu ini dapat difungsikan sebagai headlamp (lampu utama) maupun foglamp (lampu kabut). Dengan sinar yang amat terang, HID sangat efektif untuk penggunaan di kala cuaca berkabut.

Namun, lampu HID kurang efisien untuk mobil. Ini karena lampu HID cenderung terang saat awal penggunaan. Setelah beberapa waktu, lampu HID akan redup dan kemudian mati.

Bisa dikatakan, daya tahan dari lampu mobil yang satu ini sangat lemah atau tidak awet. Tapi jelas hargnya lebih murah dari lampu LED dan juga lebih panas.

Itulah perbedaan lampu LED dan lampu HID. Setelah mengetahui perbedaannya, kaian pilih yang mana?(*)


Baca juga