Ashleigh Barty mengangkat tropi Australian Open 2022.

THENEWSULSEL.COM, MELBOURNE - Petenis Ashleigh Barty berhasil menjuarai turnamen Grand Slam Australian Open 2022 setelah mengalahkan petenis Amerika Danielle Collins dengan skor 6-3 7-6(2) pada babak final di Melbourne, Sabtu, 29 Januari 2022.

Keberhasilan Ashleigh Barty memupus dahaga Australia selama 44 tahun. Petenis tuan rumah peringkat satu dunia itu mengikuti sejak Chris O'Neil yang menjadi petenis terakhir Australia yang menjuarai turnamen ini, di sektor putri pada 1978.

Keberhasilan Barty menjadi lebih istimewa. Juara pendahulunya, O'Neil, ikut hadir di tribun penonton. Petenis itu tampak ikut bersorak saat penonton di Rod Laver Arena meledak dalam suka cita saat Barty memanfaatkan match point pertamanya dengan pukulan forehand mematikan.

Ashleigh Barty menjuarai Australian Open 2022, Sabtu, 29 Januari. REUTERS/Loren Elliott

Barty, yang kini telah memenangkan 11 pertandingan berturut-turut pada tahun 2022, merebut gelar grand slam ketiga dalam kariernya.

Barty juga menjadi wanita Australia pertama sejak 1980 yang mencapai final Australian Open. Ia menjadi petenis wanita pertama yang memenangkan gelar grand slam di negara asalnya sejak Sloane Stephens menang di AS Terbuka 2017.

Ashleigh Barty juga wanita peringkat satu dunia pertama ayang mampu mengangkat trofi grand slam sejak Serena Williams melakukannya pada 2015.

Ia mengakhiri rentetan pemain peringkat teratas yang kalah di final Australia Terbuka, setelah Simona Halep pada 2018 dan Serena Williams pada 2016.(*)


Baca juga