Kembang janda bolong

THENEWSULSEL.COM - Cangkang atau kulit telur ternyata bisa diolah kembali menjadi pupuk yang bisa menyuburkan tanaman hias seperti aglonema, keladi, janda bolong, philodendron, dan tanaman lainnya.

Cangkang telur bermanfaat untuk menaikkan pH media tanam, membesarkan dan mengokohkan batang, merangsang dan menyehatkan pertumbuhan tunas, daun, bunga, ataupun buah, dan ampuh untuk mengusir hama.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah cara membuat pupuk cangkang atau kulit telur untuk aglonema, janda bolong, keladi, philodendron, dan tanaman hias lainnya, tumbuh subur, kuat, dan sehat.


1. Alat dan bahan yang dibutuhkan

Ada beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat pupuk dari kulit telur atau cangkang telur untuk tanaman hias seperti aglonema, keladi, janda bolong, philodendron, dan lainnya. Jangan khawatir, sebab alat dan bahan yang harus disediakan tidak banyak dan mudah ditemukan di dapur, apa saja?


1 wadah berisi air secukupnya 1 wadah bersih dan kosong Palu atau blender Baking soda Cangkang telur sesuai kebutuhan

2. Cara membuat pupuk dari kulit telur atau cangkang telur Setelah semua alat dan bahan yang dibutuhkan tersedia, kini saatnya memulai proses pembuatan pupuk dari kulit telur atau cangkang telur untuk tanaman hias, seperti aglonema, keladi, janda bolong, philodendron, dan lainnya.

Berikut ini langkah-langkahnya: Masukkan cangkang telur yang sudah dibersihkan dari sampah ke dalam wadah berisi air.

Aduk cangkang telur dan pastikan semuanya terendam air dengan tujuan agar protein yang masih melekat bisa berkurang atau bahkan hilang seluruhnya.

Tambahkan baking soda untuk membuat cangkang telur semakin bersih dan tidak berbau amis. Setelah bersih, pindahkan cangkang telur ke wadah kosong yang telah disediakan.

Hancurkan menjadi potongan yang lebih kecil untuk memudahkan proses pengeringan. Jemur cangkang telur di bawah sinar matahari langsung selama 2-3 hari atau hingga benar-benar kering.

Setelah cangkang telur kering, haluskan dengan menggunakan palu atau blender hingga teksturnya halus. Setelah itu, pupuk cangkang atau kulit telur untuk tanaman hias aglonema, keladi, janda bolong, philodendron, dan lainnya, sudah siap digunakan.

3. Cara penggunaan pupuk cangkang telur pada tanaman Sesudah pupuk kulit telur selesai dibuat, kini saatnya mengetahui cara penggunaannya bagi tanaman hias aglonema, keladi, janda bolong, philodendron, dan lainnya. Ada beberapa metode yang bisa dipilih untuk mengaplikasikan pupuk kulit telur pada tanaman.

Semuanya sama mudahnya, metode yang dipilih tentu bergantung keinginan para pemilik tanaman.


1. Disemprotkan pada tanaman Metode yang pertama adalah pupuk cangkang telur dilarutkan dengan air secukupnya, kemudian dituang ke dalam wadah spray atau semprot. Setelah itu, semprotkan cairan pupuk kulit telur pada tanaman hias seperti aglonema, keladi, janda bolong, maupun philodendron.


2. Dikubur atau dipendam di media tanam Metode lain yang bisa dipilih adalah dengan menggali media tanam di sekitar tanaman, lalu masukkan satu sendok pupuk kulit telur. Setelah itu kubur kembali lubang tersebut dengan media tanam.

3. Ditaburkan di sekitar tanaman Metode selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan menaburkan pupuk kulit telur di sekitar tanaman hias, namun pastikan pupuk tidak mengenai batang tanaman saat ditaburkan.(*)


Baca juga